October 2, 2010

MENJAGA KESEHATAN MATA

Jaman sekarang sudah canggih, dimana kita sering yang namanya maen Facebookan, Kaskusan, Twitteran, dll. Saya rasa anda Demikiaan!!
naaah!!
apakah anda terkadang merasa memiliki masalah di mata??

Jangan anggap sepele!!!
kita bisa saja beresiko cacat mata!!
bukan hanya akibat dari aktifitas2 tersebut tetapi jga karena kerja kantoran, membaca buku lama / tulisan yang kecil2, radiasi elektronik DLL~
akibatnya, ketika kita melihat benda yang jauh akan terlihat buram, bahkan melihat bulan/bintang langitpun menjadi berbayang bayang! waduuuh?!~

Mengapa bisa rabun?
rabun banyak disebabkan otot mata kita terlalu terbiasa melihat jarak dekat, sehingga menjadi kaku.
biasanya yang bikin mata ngga enak itu karena
-Membaca di tempat yang kurang cahaya
-Facebookan/Twitteran lama2
-Membaca tulisan yang kecil2 kelamaan
-Menatap monitor terlalu dekat
-Terlalu banyak nonton film layar lebar
-Radiasi monitor/ layar terlalu besar

Bagaimana ngatasinya?
JANGAN MAEN FACEBOOK, TWITTER, KASKUS, DLL, ETC, DSB...

(bcanda!~~ hare gene ga maen facebook? ckckck)

berikut tips agar pengelihatan tetap seimbang antara jauh dan dekat

  1. beri waktu istirahat setidaknya 15 menit jika bermain selama sekitar 1 jam / 2 jam (usahakan melihat objek berwarna hijau sewaktu beristirahat dan melakukan olah raga mata)

  2. Konsumsi makanan2 bervitamin A seperti wortel.

  3. Pandang ke kiri, kanan, atas, bawah agar mata tidak terasa kaku

  4. lakukan olah raga mata... lho? mata berolah raga?? gimana carany?

  5. nih caranya:
    -usahakan anda berada di lokasi dimana anda dapat memandang lurus ke suatu objek yang jaraknya jauh sekali (usahakan objeknya hijau dan jauhhh banget deh..)

    -siapkan jari anda di depan mata anda sekitar 15-20 cm

    -tatap objek yang jauh

    -lalu pandang jarimu

    -tatap objek yang jauh, pandang jarimu lagi, dst lakukan setidaknya 6 kali memandang jari (kalo kurang, ya lakukan lagi sampe puaz, wkwkwk)

  6. Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata kalo sudah lelah!!!


Katanya olah raga mata bisa menyembukan rabun lho?? bener ga ya?
dibuktikan saja :D

sumber untuk sementara cman 1, hehe :
http://matahatidantelinga.blogspot.com/2009/01/senam-mata-untuk-menyembuhkan-rabun.html

SELALU CANTUMKAN SUMBER JIKA COPAS!!! RESPECT THE OTHERS!! :D